Memilih Itu Mudah Ini Caranya

Banyak lembaga pemantau Pemilu di Aceh pusing tujuh keliling. Dalam berbagai acara sosialisasi Pemilu di kota Banda Aceh, masih banyak sekali warga yang masih belum tahu bagaimana tata cara pencoblosan dalam pemilihan nanti. Pegiat demokrasi di sana tentu saja resah. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 2012 lalu, angka golput di bumi Serambi Mekkah itu mencapai 45 persen. Golput lagi-lagi “menang”.

Dari beberapa lokasi, rendahnya partisipasi masyarakat ini terjadi karena hanya gara-gara tak paham bagaimana cara mencoblos pada Pemilu nanti. Fenomena ini merata terjadi di banyak daerah. Alasan mereka macam-macam. Mayoritas cara mencoblos semakin sulit, kertas suara terlalu banyak, dan lain-lain. Padahal, tak harus mencoblos nama. Kertas suara akan sah bila mencoblos gambar partai. Dengan meluangkan waktu sedikit untuk membaca dan bertanya, suara anda yang berharga tidak akan terbuang percuma. Berikut tata cara pencoblosan Pemilu di Indonesia pada 9 April 2014 nanti.


Pemilu Legislatif (9 April 2014)

1. Pada saat datang ke Tempat Pemungutan Suara, panitia akan menyerahkan empat kertas.
  • Kertas pertama untuk memilih anggota DPR dengan belakangnya berwarna kuning.
  • Kertas kedua untuk memilih anggota DPD, dengan belakang kertas berwarna merah.
  • Kertas ketiga untuk DPRD Provinsi, dengan belakang kertas berwarna biru.
  • Kertas keempat untuk memilih anggota DPRD kabupaten/kota, dengan belakangnya berwarna hijau.

2. Pastikan kertas-kertas tersebut tidak cacat, misalnya bolong, dan sudah ditandatangani oleh panitia.

3. Surat suara anda sah apabila:
  • Mencoblos pada kolom yang berisi nomor urut, tanda gambar, dan nama partai politik peserta pemilu
  • Mencoblos pada kolom yang berisi nomor urut dan nama calon; atau
  • Mencoblos sebagaimana dimaksud pada angka 1, dan angka 2, pada partai politik yang sama;
  • Mencoblos 2 caleg dalam kolom partai politik yang sama dianggap sah.

4. Surat suara anggota DPD dianggap sah jika mencoblos pada nomor urut atau nama atau foto calon dalam satu kolom calon DPD yang sama.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (9 Juli 2014)

1. Cara mencoblos pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden akan lebih mudah karena anda hanya akan diberikan satu lembar kertas suara. Isinya pun tak serumit seperti Pemilu Legislatif yang dipenuhi banyak nama. Anda hanya akan diminta mencoblos nama, gambar dan nomor urut mereka. Semuanya sah asal anda tidak mencoblos dua pasangan yang berbeda.

2. Pada pemilihan presiden, anda yang tak berdomisili sesuai dengan kartu penduduk akan lebih mudah ikut di TPS terdekat. Tinggal mendaftar kepada panitia.

Ingat, suara anda sangat menentukan siapa yang mengurus negara ini selama lima tahun berikutnya.
Selamat mencoblos.

Raden Saleh
Mantan wartawan.

Kertas Suara Pemilu

Pada halaman tertaut dapat dilihat panduan video cara nyoblos yang benar, disajikan oleh salah satu channel TV di Indosia, memperagkan cara menggunakan kertas suara yang tepat dan benar. Gunakan hak suaramu dengan baik, untuk menentukan Indonesia ke masa depan.