PT. Nabire Baru: Pelestarian Lingkungan Hidup Milik Bersama

PT. Nabire Baru: "Pelestarian Lingkungan Hidup Milik Dan Tanggung Jawab Kita Bersama"


Mengutip dari himbauan yang dibuat oleh PT. Nabire Baru kepada seluruh karyawannya tentang pelestarian lingkungan hidup, menjadi salah satu contoh perusahaan yang berperan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Ulasan dibawah ini merupakan bagian dari bentuk upaya dan kepedulian perusahaan tersebut dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di tanah Papua.
Isu tentang lingkungan hidup memang menjadi perhatian banyak orang, apalagi kondisi kerusakan lingkungan semakin parah dan mengkhawatirkan. Pencemaran udara, limbah air, sampah, pencemaran tanah dan polusi suara semakin hari semakin meningkat dan tentu hal ini memberikan tekanan psikologis dan ekonomis bagi banyak orang.

Dengan kondisi tersebut tak heran jika banyak orang, perusahaan bahkan pemerintah merasa berupaya dan merasa bertanggung jawab  untuk mengatasi permasalahan tersebut di berbagai daerah lingkungan tempat tinggal mereka. Banyak perusahaan yang berpartisipasi membuat program pelestarian lingkungan hidup. Tak terkecuali perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di kabupaten Nabire, Papua ini.

Upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Nabire Baru di kabupaten Nabire untuk saat ini masih fokus pada penanaman pohon. Selain itu, ada beberapa rangkaian kegiatan perusahaan yang telah dilakukan dalam hal untuk melestarikan lingkungan hidup seperti :

  • Memperingati Hari Satwa Sedunia
  • Studi Banding RekruiterFlores Area
  • Konsultasi Publik Tentang Menjaga Lingkungan
  • Acara Penanaman 2000 bibit tanaman sagu
  • Komitmen Pada Pelestarian Lingkungan 
  • Komitmen untuk menjaga Kawasan Konservasi Tanaman Sagu.

“Lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab pemerintah atau segelintir orang saja, namun pelestarian lingkungan hidup adalah milik dan tanggung jawab kita bersama”, itulah himbauan yang selalu di berikan oleh pihak manajemen perusahaan PT. Nabire Baru kepada seluruh karyawannya. Dengan begitu semua orang merasa bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup tersebut.

Tidak hanya di Nabire atau di Indonesia saja, kini upaya untuk menjaga lingkungan hidup telah menjadi isu global. Kini upaya mengatasi pemanasan global yang ditimbulkan dari kerusakan alam maupun lingkungan hidup mulai bermunculan. Berbagai organisasi tingkat dunia, maupun pecinta lingkungan tidak kenal lelah untuk melakukan perbaikan dan pencegahan dari kerusakan alam bahkan mereka juga telah melakukn protes terhadap negara yang berkontribusi besar terhadap kerusakan lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup tidak hanya terfokus pada penebangan hutan atau pembakaran lahan saja, namun polusi yang dihasilkan dari berbagai industri, dapat mencemarkan udara, air dan tanah turut menjadi penyumbang atas kerusakan alam di muka bumi ini. Bila tidak ditangani dengan serius, maka kemungkinan berbagai bencana alam tidak bisa terelakan akibat ulah tangan manusia itu sendiri.

Kalau bukan dari kita sekarang, siapa lagi yang akan membantu melakukan pelestarian alam tersebut. Nah, yang merasakan kondisi tersebut tentunya kita semua, anak dan cucu kita dimasa yang akan datang. Inilah harapan banyak pihak agar peran PT Nabire Baru untuk pembangunan dapat terwujud dengan baik. Jika kerusakan alam dilakukan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, maka dampaknya akan dirasakan oleh semua orang dimasa yang akan datang.

Semoga upaya yang dilakukan oleh beberapa orang, perusahaan dan pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup mendapat dukungan dari kita semua.