SBY Berencana Membuat Memoar

https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1327474512/demo-stop-gaji-presiden
Pendemo mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono tidak menjalankan amanat dan kewajiban sebagai Presiden RI, stop gaji dan fasilitas SBY.


Jakarta, 8/7 (WajahBaru) - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana membuat memoar tentang pengalaman menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk diluncurkan tahun depan saat genap berusia 70 tahun, puncak tahun politik saat Pemilu 2019 akan digelar.


Presiden RI ke-enam yang pada masa pemerintahannya sering disebut warganet dengan pemerintahan auto pilot, yang dapat ditelusuri melalui rekam jejek pada Twitter, dapat dilihat disini dan berita foto yang diluncurkan oleh Antara 25/1/2012 demo bertajuk Stop Gaji Presiden dengan salah satu spanduk yang dibawa pengunjung rasa bertuliskan "Negeri auto-pilot tak perlu presiden, SBY lebih baik dirumah saja."

"Yang jelas Ibu Ani meluncurkan buku kedua, menantang saya. Bahasa menantang kalau diperhalus menginspirasi untuk menerbitkan buku yang kurang lebih sama," tutur dia dalam peluncuran buku "Ani Yudhoyono: 10 Tahun Perjalanan Hati" di Jakarta, Minggu pada Antara.

Menurut SBY, biasanya mantan presiden atau perdana menteri menulis memoar atau biografi setelah dua hingga tiga tahun lengser dari posisinya.

Sementara dirinya sudah lebih dari empat tahun sejak meninggalkan pemerintahan sehingga dinilainya sekarang saat yang tepat mulai membuat memoar.

"Tahun depan tepat usia saya 70 tahun saya ingin mempersembahkan biografi atau memoar kepada para sahabat dan rakyat Indonesia," kata SBY.

Terkait rencana memoar buku biografi istrinya, SBY memberikan komentar, yakni untuk judul "Ani Yudhoyono: 10 Tahun Perjalanan Hati" sesungguhnya tidak hanya menunjukkan perjalanan hati, melainkan juga pikiran dan tindakan selama menjadi ibu negara.

Selanjutnya, dalam memulai tugas sebagai ibu negara, Ani Yudhoyono mencari tahu peran dan tugasnya, tetapi tidak menemukan satu sumber pun yang menentukan tugas dan peran ibu negara.

SBY sepakat pada hal itu karena memang tidak ada undang-undang yang mengatur peran dan tugas ibu negara, berbeda dengan presiden yang jelas merujuk konstitusi, undang-undang dan konvensi yang berlaku. Ia berharap buku tersebut akan memberikan gambaran mengenai peran seorang ibu negara yang hingga kini tidak didefinisikan dalam berbagai sumber.

Semoga memoar yang akan diluncurkan tersebut, dapat menjawab apa yang dianggap oleh warganet tentang pemerintahan auto pilot SBY pada masa kepemimpinannya.