Janri Parkinson Damanik Apresiasi Kinerja KPU Sumut

Janri Parkinson Damanik
Janri Parkinson Damanik

Pematangsiantar, 8/2 (WajahBaru) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara melakukan sosialisasi penyusunan daftar pemilih kepada partai politik, tim pemenangan presiden dan wakil presiden beserta peserta pemilu.

Salah seorang calon anggota legislatif dari PDIP Sumatera Utara yang bersaing di Dapil X wilayah Pematangsiantar - Kabupaten Simalungun, Janri Parkinson Damanik menyampaikan apresiasi atas kenerja KPU Sumut, lakukan sosialisasi penyusunan daftar pemilih kepada Parpol, termasuk team pemenangan Capres dan Cawapres.

Ketua KPU Sumut Yulhasni, di Medan, Jumat, mengatakan sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam acara Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Perbaikan DPT, di Aula KPU Sumut, Kamis (7/2). Ia menyebutkan sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk menginformasikan perkembangan penyusunan DPK, DPTb, dan perbaikan DPT kepada peserta pemilu. Saat ini masih ada warga yang sudah bisa memilih namun masih belum terdaftar sebagai pemilih karena kendala tertentu.

Menurrut Yulhasni, hal itu terjadi pada penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan) karena proses perekaman Kartu Tanda Penduduk, KTP elektronik di lapas sebagai syarat untuk terdaftar sebagai pemilih sampai saat ini belum selesai.

Selain terkait daftar pemilih, KPU Sumatera Utara juga menyampaikan informasi tentang distribusi logistik. Saat ini sedang proses distribusi/pengiriman surat suara ke KPU kabupaten/kota. Yulhasni juga berharap para peserta turut berpartisipasi menyampaikan informasi terkait DPK, DPTb, dan perbaikan DPT kepada warga masyarakat.

"Karena memang kesuksesan pemilu merupakan tanggung jawab kita bersama," katanya pula kepada awak media.